Cara menulis kode VBA Excel

Cara menulis kode VBA Excel

Dasar Dasar vba macro

Cara menulis kode VBA Excel

Dalam bab ini kita akan belajar Cara menulis kode VBA Excel, Anda akan mempelajari terminologi VBA excel yang umum digunakan. Istilah-istilah ini akan digunakan dalam modul selanjutnya, oleh karena itu memahami masing-masing dari ini adalah penting.

Modul

Modul adalah area tempat kode ditulis. Ini adalah Buku Kerja baru, oleh karena itu tidak ada Modul apa pun.

Modul di VBScript

Untuk menyisipkan Module, buka Insert → Module. Setelah modul dimasukkan, ‘modul1’ dibuat.

Di dalam modul, kita dapat menulis kode VBA dan kode tersebut ditulis dalam Prosedur. Prosedur / Sub Prosedur adalah serangkaian pernyataan VBA yang menginstruksikan apa yang harus dilakukan.

Modul di VBScript

Prosedur

Prosedur adalah sekelompok pernyataan yang dieksekusi secara keseluruhan, yang menginstruksikan Excel cara melakukan tugas tertentu. Tugas yang dilakukan bisa menjadi tugas yang sangat sederhana atau sangat rumit. Namun, merupakan praktik yang baik untuk memecah prosedur yang rumit menjadi prosedur yang lebih kecil.

Dua jenis Prosedur utama adalah Sub dan Fungsi.

Modul di VBScript

Fungsi

Fungsi adalah sekelompok kode yang dapat digunakan kembali, yang dapat dipanggil di mana saja dalam program Anda. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menulis kode yang sama berulang kali. Ini membantu programmer untuk membagi program besar menjadi sejumlah fungsi kecil dan dapat dikelola.

Terlepas dari Fungsi bawaan, VBA memungkinkan untuk menulis fungsi yang ditentukan pengguna juga dan pernyataan ditulis antara Fungsi dan Fungsi Akhir .

Sub-Prosedur

Pekerjaan sub-prosedur mirip dengan fungsi. Sementara sub prosedur JANGAN Mengembalikan nilai, fungsi mungkin atau mungkin tidak mengembalikan nilai. Sub prosedur BISA dipanggil tanpa kata kunci panggilan. Prosedur sub selalu tertutup dalam pernyataan Sub dan End Sub .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *