Apa itu BITCOIN

Apa itu BITCOIN?

Tutorial Bitcoin

Apa itu BITCOIN?

Bitcoin muncul dari krisis ekonomi global 2008 ketika bank-bank besar tertangkap basah menyalahgunakan uang peminjam, memanipulasi sistem, dan mengenakan biaya selangit. Untuk mengatasi masalah tersebut, pencipta Bitcoin ingin menempatkan pemilik bitcoin yang bertanggung jawab atas transaksi, menghilangkan perantara, memotong suku bunga tinggi dan biaya transaksi, dan membuat transaksi transparan. Mereka menciptakan sistem jaringan terdistribusi, di mana masyarakat dapat mengontrol dana mereka secara transparan.

Bitcoin telah berkembang pesat dan menyebar jauh dalam waktu yang relatif singkat. Di seluruh dunia, perusahaan dari rantai perhiasan besar di AS, hingga rumah sakit swasta di Polandia, menerima mata uang bitcoin. Perusahaan multi-miliar dolar seperti Dell, PayPal, Microsoft, Expedia, dll., Berurusan dengan bitcoin. Situs web mempromosikan bitcoin, majalah menerbitkan berita bitcoin, dan forum membahas cryptocurrency dan perdagangan bitcoin. Bitcoin memiliki Application Programming Interface (API), indeks harga, pertukaran perdagangan, dan nilai tukar sendiri.

Namun, ada masalah dengan bitcoin seperti peretas yang membobol akun, volatilitas bitcoin yang tinggi, dan penundaan transaksi yang lama. Di tempat lain, terutama orang-orang di negara dunia ketiga menemukan Bitcoin sebagai saluran yang dapat diandalkan untuk bertransaksi uang dengan melewati perantara yang mengganggu.

Bagaimana cara menggunakan Bitcoin?

Kami dapat melakukan transaksi bitcoin seperti yang kami lakukan dengan mata uang fiat yang kami kenal. Saat kami menggunakan Bitcoin, pembeli sebenarnya direferensikan ke tanda tangan digital kami, yang merupakan kode keamanan yang dienkripsi dengan enam belas simbol berbeda. Pembeli mendekripsi kode dengan perangkatnya untuk mendapatkan cryptocurrency. Oleh karena itu kita dapat mengatakan bahwa cryptocurrency adalah pertukaran informasi digital yang memungkinkan kita untuk membeli atau menjual barang dan jasa.

Transaksi diamankan dan dibuat dapat dipercaya dengan menjalankannya di jaringan peer-to-peer yang mirip dengan sistem berbagi file.

Bagaimana Bitcoin menangani masalah pengeluaran ganda?

Untuk sistem kas digital, jaringan pembayaran harus memiliki akun, saldo, dan catatan transaksi yang valid. Hambatan terbesar yang umum terjadi pada setiap jaringan pembayaran adalah masalah pengeluaran ganda yang terjadi ketika uang yang sama digunakan beberapa kali untuk melakukan transaksi.

Untuk mencegah pengeluaran ganda, semua transaksi harus dicatat dan divalidasi setiap saat di server pusat tempat semua catatan saldo disimpan. Namun, dalam jaringan yang terdesentralisasi, setiap node di jaringan harus melakukan tugas server; itu harus memelihara daftar transaksi dan catatan saldo. Dengan demikian, semua node / entitas di jaringan wajib menjaga konsensus tentang semua catatan ini. Ini dicapai dengan menggunakan teknologi blockchain dalam bitcoin.

Jadi kita dapat mengatakan bahwa bitcoin seperti cryptocurrency lainnya hanyalah entri token yang disimpan dalam database terdesentralisasi yang menjaga konsensus dari semua saldo dan catatan akun. Perlu dicatat bahwa kriptografi digunakan secara luas untuk mengamankan catatan konsensus. Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dijamin dengan matematika dan logika lebih dari apa pun.

Bitcoin dan cyptocurrency telah mendapatkan pengakuan dan adopsi berdasarkan nilai yang dirasakan oleh pencipta dan penggunanya.

Bitcoin bekerja dengan konsep yang sama, semakin banyak orang yang berpartisipasi; semakin banyak nilai yang tercipta .

Sejarah Bitcoin

Protokol dan bukti konsep Bitcoin pertama diterbitkan dalam Whitepaper pada tahun 2009 oleh individu atau kelompok bayangan dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Akhirnya Nakamoto, yang tetap misterius, meninggalkan proyek pada akhir 2010. Pengembang lain mengambil alih dan komunitas Bitcoin sejak itu tumbuh secara eksponensial.

Sementara identitas asli Satoshi Nakamoto tetap diselimuti misteri, tercatat bahwa dia berkomunikasi secara ekstensif di masa-masa awal Bitcoin. Mari kita berspekulasi tentang pertanyaan seperti ketika dia mulai mengerjakan Bitcoin, sejauh mana dia terinspirasi oleh ide-ide serupa dan apa motivasi untuk bitcoin.

Pembuatan domain bitcoin pertama

Dipercaya bahwa Satoshi mulai mengkodekan Bitcoin sekitar Mei 2007. Dia dikatakan telah mendaftarkan domain bitcoin.org pada Agustus 2008. Sekitar waktu itu, dia mulai mengirim email ke beberapa individu yang dia pikir mungkin tertarik dengan ide bitcoin.

Pada Oktober 2008, dia secara terbuka menerbitkan buku putih yang membahas tentang protokol Bitcoin, dan merilis kode Bitcoin juga. Kemudian dia tetap berhubungan selama sekitar dua tahun, di mana dia berinteraksi secara aktif di forum, berkomunikasi dengan beberapa pengembang dan kemudian dia juga mengirimkan tambalan ke kode awal. Dia mempertahankan kode sumber bersama dengan pengembang lain, menangani masalah yang terjadi. Pada Desember 2010, ketika orang lain perlahan-lahan mengambil alih, dia diam-diam meninggalkan tempat itu.

Entitas

Entitas yang terlibat dalam implementasi dan pemeliharaan Bitcoin adalah –

  • Platform Blockchain
  • Algoritma kriptografi
  • Penambang Bitcoin yang merupakan komputer atau mesin khusus yang mencetak mata uang dan memungkinkan transaksi
  • Orang-orang yang berpartisipasi dalam transaksi dan dengan demikian membantu menggerakkan sistem pembayaran

Filosofi Bitcoin, dan secara umum, dari semua cryptocurrency adalah bahwa mereka adalah sistem terdistribusi di mana tidak ada entitas pusat yang mengelola aktivitas seperti transaksi, antara lain. Ini adalah sistem peer-to-peer (p2p) yang beroperasi di tingkat peserta.

Transaksi Bitcoin

Sekarang kita akan melihat bagaimana blok baru transaksi bitcoin dibuat.

Seorang penambang bitcoin membuat blok dengan menggunakan langkah-langkah berikut –

  • Mengumpulkan transaksi yang tertunda, terlebih dahulu yang memiliki biaya transaksi, dan kemudian yang gratis
  • Memverifikasi validitas transaksi
  • Memecahkan masalah hashing

Menurut statistik, pada Oktober 2015, situs blockchain.info menyatakan bahwa, jumlah rata-rata transaksi per blok adalah 411, dan per Mei 2018, jumlah transaksi belum terkonfirmasi yang tertunda saat ini adalah sekitar 2495.

Hadiah dan biaya per transaksi bitcoin

Dengan asumsi bahwa satu bitcoin bernilai $ 400, hadiah 25 bitcoin per blok bernilai sekitar $ 10.000, mengabaikan jumlah biaya transaksi yang dapat diabaikan. Mengambil rata-rata jumlah transaksi per detik sebagai 2, dan jumlah transaksi per blok sebagai 1200, hadiah per transaksi menghasilkan $ 8,33. Diketahui bahwa biaya listrik yang dikonsumsi dalam penambangan mendekati imbalan yang membuat penambangan bitcoin tidak begitu menguntungkan. Masalah dasar penambangan saat ini, adalah batas 1 MB pada ukuran blok yang memungkinkan untuk memiliki paling banyak hanya 10 transaksi per detik.

Konfirmasi transaksi bitcoin

Sebuah transaksi dianggap telah menerima n konfirmasi jika telah diterbitkan dalam satu blok di rantai blok, dan n-1 blok lagi juga telah ditambahkan. Sebuah transaksi biasanya dianggap “dikonfirmasi” setelah memiliki enam konfirmasi. Bitcoin yang baru dibuat dianggap terkonfirmasi setelah mereka menerima sekitar seratus konfirmasi.

Bagaimana nilai Bitcoin?

Ini adalah konsensus, keyakinan, dan persepsi umum yang memberi nilai pada bitcoin. Semua peserta dalam sistem ini memiliki konsensus tentang hal-hal berikut –

  • keabadian dan integritas blockchain
  • keamanan dan validitas pembayaran
  • aturan sistem

Bitcoin adalah implementasi praktis pertama dari teknologi blockchain dan saat ini merupakan sistem pembukuan triple entry paling signifikan secara global. Dalam ekosistem bitcoin, akses ke seluruh kode sumber selalu tersedia untuk semua orang dan siapa pun dapat meninjau atau memodifikasi kodenya. Keaslian setiap transaksi dijamin dengan tanda tangan digital dari pihak pengirim sehingga memastikan bahwa semua pengguna memiliki kendali penuh atas pengiriman bitcoin.

Dengan demikian, menyisakan sedikit ruang untuk penipuan, tidak ada tolak bayar, dan tidak ada informasi identitas yang dapat diretas yang mengakibatkan pencurian identitas.

Berikut adalah daftar beberapa entitas yang menerima Bitcoin –

  • WordPress
  • Namecheap
  • Microsoft
  • Komputer Dell
  • Archive.org
  • Bitpay
  • Bitspend.net

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *